Pemkab HSS Raih Award Pemerintahan Yang Accountability

Posted by | Seputar Kal-Sel | 0 |

Pemkab Hulu Sungai Selatan membawa oleh-oleh yang menggembirakan untuk masyarakatnya, yakni award untuk special category Region in a leading profile on publik accountability. Sertifikat tersebut dianugerahkan oleh The Jawa Pos Institute of Pro-Otonomi (JPIP) Area Kalsel,  yang digelar di Hotel Mercure Banjarmasin, Rabu malam tadi.
Kabar gembira tersebut disampaikan langsung oleh  Kabag Humas Hulu Sungai Selatan H Zulkifli SSos MAP kepada Koran ini di ruang kerjanya, kemarin pagi.
“Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Kalsel yang diterima oleh Sekda HSS H Achmad Fikry,” ujar Zulkifli.
Dikatakan Zulkifli, award tersebut diberikan kepada daerah Hulu Sungai Selatan, yang memiliki profil menonjol untuk menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih dengan transparansi, keterbukaan akses informasi, memberantas KKN serta menciptakan pejabat dan aparatur yang responsif dan bertanggungjawab terhadap masyarakat.
Menurut Zulkifli, di Pemkab Hulu Sungai Selatan selama ini menerapkan Aksi Biro, untuk meningkatkan kualitas pelayanan publiknya. Hal itu sesuai dengan instruksi Bupati Hulu Sungai Selatan Nomor 1 Tahun 2011. “Yang isinya, untuk merubah pola pikir (mindset) dan pola perilaku dalam menjalankan tugas dan fungsi melayani masyarakat dengan mengedepankan AKSI BIRO daripada birokrasi,” beber Zulkifli.
Dijelaskan Zulkifli, gerakan Aksi biro ini adalah mengambil langkah-langkah nyata di lapangan, yakni  dengan lebih mengutamakan  pelayanan kepada masyarakat. Selain itu harus menyesuaikan Standard Operating Procedure (SOP) pelayanan publik, yang ada pada SKPD dan  dan unit-unit kerja pelayanan publik dengan lebih mengedepankan Aksi biro.
Tidak hanya itu saja, tambah Zulkifli, Aksi biro ini juga dilakukan dengan menyiapkan sumber daya manusia aparatur yang berkompeten dalam memberikan pelayanan publik, pada SKPD dan unit perangkat daerah dan unit-unit kerja pelayanan publik masing-masing.
“Diharapkan dengan perubahan mindset tersebut, pola perilaku aparatur pemkab HSS dalam menjalankan tugas dan fungsi melayani masyarakat menerapkan Aksi biro, daripada birokrasi. Dan tujuannya akhirnya adalah untuk untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan aparatur pemerintah daerah dalam pelaksanaan pelayanan publik,” pungkas Zulkifli.
Disebutkan Zulkifli, dari pelayanan publikini, pemkab HSS pernah meraih beberapa penghargaan, seprti Piagam Penghargaan Citra Bhakti AbdiI Negara (CBAN) dari Presiden Republik Indonesia atas  prestasi dalam Penyelenggara Pelayanan Publik Tahun 2009. Ada juga
Piala Citra Bhakti Abdi Negara (CBAN) atas  prestasi sebagai Penyelenggara Pelayanan Publik Terbaik Tingkat Propinsi Kalimantan Selatan Tahun 2011. Dan HSS pernah mewakili Propinsi Kalimantan Selatan dalam Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik Pemerintah Kabupaten/Kota Tingkat Nasional Tahun 2011.(Sumber Radar Bjm)

Login SAPK